Selasa, 19 November 2013

Cyber Crime

CyberCrime merupakan istilah yang mengacu pada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran tempat terjadinya kejahatan. termasuk ke dalam kejahatan dunia maya yaitu penipuan secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit, penipuan identitas, dan lain sebagainya.

Salah satu kasus pada perjudian online, pelaku menggunakan sarana internet untuk melakukan perjudian. seperti yang terjaid di semarang, desember 2006. para pelaku melakukan praktiknya dengan menggunakan system member yang semua anggotanya mendaftarkan ke admin situs itu, atau menghubungi HP ke 0811XXXXXX dan 024-356XXXX. mereka melakukan transaksi online lewat internet dan HP untuk mempertaruhkan pertarungan bola Liga Inggris, Liga Italia dan Liga Jerman yang ditayangkan di televisi. untuk setiap pertaruhan yang berhasil menebak skor dengan memasang uang Rp 100 ribu bisa mendapatkan uang Rp 100 ribu, atau bisa lebih. modus pada pelaku bermain judi online adalah untuk mendapatkan uang dengan cara instan. dan sanksi menjerat para pelaku yakni dikenakan pasal 303 tentang perjufian dan UU 7/1974 pasal 8 yang ancamannya lebih dari 5 tahun.

Cybercrime merupakan bentuk-bentuk kejahatan yang ditimbulkan karna pemanfaatan teknologi internet. dapat di definisikan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan internet yang berbasis pada kecanggihan teknologi komputer dan telekomunikasi.

sumber:
http://jembatanbiru.blogspot.com/2012/11/cybercrime-adalah-istilah-yang-mengacu.html
http://lizamainardianty.wordpress.com/2012/08/03/10-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah-terjadi-beserta-modus-dan-analisa-penyelesaiannya/

Selasa, 21 Mei 2013

game


BERDASARKAN “GENRE” PERMAINANNYA :

1. Aksi – Shooting
video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak. Termasuk didalam-nya :
a.First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty
b.Drive n’ shoot, menggunakan unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll Racing, Road Rash.
c. Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942, dan gradius.
d. Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon dan Final Fight, lalu hack and slash (tusuk tebas) seperti Shinobi dan Legend of Kage.
e. Light gun shooting, yang menggunakan alat yang umumnya berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis.

2. Fighting ( pertarungan ) 
Ada yang mengelompokan video game fighting di bagian Aksi, namun penulis berpendapat berbeda, jenis ini memang memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game ini adalah penguasaan jurus (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya), pengenalan karakter dan timing sangatlah penting, o iya, combo-pun menjadi esensial untuk mengalahkan lawan secepat mungkin. Dan berbeda seperti game Aksi pada umumnya yang umumnya hanya melawan Artificial Intellegence atau istilah umumnyamelawan komputer saja, pemain jenis fighting game ini baru teruji kemampuan sesungguhnya dengan melawan pemain lainnya. Seri Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter adalah contohnya.

3. Aksi – Petualangan
Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lain, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk membuka pintu kuil legendaris, atau sekedar mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya, itulah beberapa dari banyak hal yang karakter pemain harus lakukan dan lalui dalam video game jenis ini. Menurut penulis, game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga, dan sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ke-tiga. Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia termasuk didalamnya.

4. Petualangan
Bedanya dengan jenis video game aksi-petualangan, refleks dan kelihaian pemain dalam bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan di sini. Video Game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk didalamnya:
a. Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik, contoh: Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max,
b.Novel atau film interaktif, seperti game “dating” yang banyak beredar di jepang, Dragons Lair dan Night Trap.

5. Simulasi, Konstruksi dan manajemen
Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.

6. Role Playing
Video game jenis ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utamanya, dimana seiring kita memainkannya, karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain ( biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh, dll) dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin sakti, ataupun jumlah teman maupun mahluk peliharaan.Secara kebudayaan, pengembang game Jepang biasanya membuat Role Playing Game (RPG) ke arah cerita linear yang diarahkan seolah karakter kita adalah tokoh dalam cerita itu, seperti Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears. Sedangkan pengembang game RPG Eropa, cenderung membuat karakter kita bebas memilih jalan cerita sendiri secara non-linear, seperti Ultima, Never Winter Nights, baldurs gate, Elder Scroll, dan Fallout.

7. Strategi. 
Kebalikan dari video game jenis action yang berjalan cepat dan perlu refleks secepat kilat, video game jenis strategi, layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana. Video game strategi biasanya memberikan pemain atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusal pelatihan tempur, tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama dan santai dibandingkan game action. Unsur-unsur permainannya biasanya berkisar sekitar, prioritas pembangunan, peletakan pasukan, mencari dan memanfaatkan sumberdaya (uang, besi, kayu,minyak,dll), hingga ke pembelian dan peng-upgrade-an pasukan atau teknologi. Game jenis ini terbagi atas:

a.Real time Strategy, game berjalan dalam waktu sebenarnya dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. Contoh: Starcraft, Warcraft , dan Command and Conquer.
b.Turn based Strategy , game yang berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saat itu pihak lawan menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur.
contoh: Front Mission, Super robot wars, Final Fantasy tactics, Heroes of might and magic, Master of Orion.
Sebenarnya ada yang memilah lagi menjadi jenis tactical dan strategi, namun penulis cenderung untuk menggabungkannya karena perbedaannya hanya ada di masalah skala dan ke-kompleks-an dalam manajemen sumber daya-nya saja.

8. Puzzle
Video game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.

9. Simulasi kendaraan
Video Game jenis ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. 

10. Olahraga. 
Biasanya permainannya diusahakan serealistik mungkin walau kadang ada yang menambah unsur fiksi seperti NBA JAM. Contohnya pun jelas, Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll.

 sumber:

Perbedaan Game 2D dengan 3D


Kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan game 2D dan 3D. Game sekarang sudah berkembang pesat. yang tadinya hanya berdimensi panjang x lebar (2D) dan sekarang sudah berdimensi panjang x lebar x tinggi (3D). Nah berikut ada beberapa perbedaan pada game 2D dan game 3D. Berdasarkan jenis tampilanya, game saat ini dapat dikatagorikan sebagai game 3D dan 2D
Secara singkat, berikut perbedaan game dengan grafis 2D dan 3D :

2 Dimensi (2D)
Permainan yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk permainan yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan permainan ini adalah kualitas gambar yang kurang enak dilihat jika dibandingkan dengan permainan 3D. Permainan daring pada umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di mana karakter yang dimainkan berbentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.

1. Tampilan hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
2. Hanya memiliki koordinat X,Y
3. Hanya memiliki panjang dan lebar.
4. Frame layar terbatas
5. Tidak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan hanya menggunakan dasar warna.

3 Dimensi (3D)
Permainan bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengan grafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.

1. Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
2. Memiliki koordinat X,Y,Z
3. Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
4. Frame layar lebih luas.
5. Banyak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.

Perbedaan dari game itu sendiri merupakan:
  1. Grafik pada 2D hanya mempunyai dua sisi yaitu x dan y sedangkan grafik pada 3D mempunyai tiga sisi yaitu x, y, dan z.
  2. Dalam pengambilan gambar, 2D menggunakan bitmap atau vektor sedangkan 3D menggunakan 3D modelling yang menggambarkan tata letak.
sumber: 

Game Point Blank


Penulisan ini sesuai dengan hobby yang saya minati dari tahun 2010 sampai saat ini. Game online Point blank merupakan jenis game online yang kurang lebih sejak tahun 2009 hadirnya game ini di Indonesia, jenis permainan peperangan ini sering diminati anak-anak, remaja, sampai dewasa pun menggemari game ini. Game online Point Blank ini merupakan jenis game peperangan antara 2 tim yang berbeda antara tim merah dan tim biru. Tim biru mengenakan pakaian polisi atau yang biasa di sebut acid pol (CT-Force) sedangkan tim merah mengenakan pakaian menyerupai Terrorist atau yang biasa disebut Red Bulls (Free Rebels).

Tombol-tombol yang digunakan yaitu A untuk move left, D untuk move right , W untuk move forward, S untuk move backward, Space untuk jump, L-Shift untuk walk, L-Ctrl untuk crouch, F untuk turn back, R untuk reload, T untuk change weapon window, 1 untuk main weapon, 2 untuk secondary weapon, 3 untuk melee weapon, 4 untuk explosive weapon, 5 untuk special weapon, 6 untuk mision item, Q untuk quick weapon change, G untuk drop weapon, Tab untuk show score, M untuk view map, = untuk zoom in mini map, - untuk zoom out mini map, enter untuk chat, F2 untuk all chat, F3 untuk team chat, L untuk chat history, V untuk voice chat, Z untuk team, X untuk request, C untuk report, E untuk defuse bomb, F8 untuk screenshot, F4 untuk clan chat dan masih banyak lagi setkey yang digunakan dalam permainan pointblank ini.

untuk masuk atau login kedalam pointblank pertama kita memasukan id dan password pada gambar dibawah ini:

berikut ini contoh id character milik saya pribadi yang mungkin kebanyakan pemain mempunyai id character yang berbeda-beda pangkat dan lain sebainya.

berikut ini merupakan gambaran title yang harus diambil dan digunakan agar mempermudah pergerakan ataupun pergantian senjata, berikut contoh gambarnya:

Room/Server pertandingan dari Point Blank yaitu :

• Newbie Server : Server ini hanya dapat digunakan bagi para pemula, misalkan pangkat trainee, senior trainee, private, corporal.
• Public server : Server yang paling banyak digunakan oleh para Troppers (sebutan orang yang bermain PB) karena semua pangkat dari trainee sampai commander dapat menggunakan server ini.
• Expert server : Hanya Troppers dengan pangkat Mayor grade 1 sampai commander saja yang dapat menggunakan server ini untuk bermain.
• Clan Server : Hanya Troppers yang sudah memiliki Clan saja Yang bisa masuk ke server ini. Server ini digunakan untuk war antara clan yang berbeda (atau biasa disebut war clan).
• Competition Server : Server ini hanya diperuntukan apabila ada suatu event/competition saja.
Tipe room atau ruangan buat melakukan perperangan dari Point Blank yaitu :
• Bom Mission : room ini terdapat dua team yaitu biru dan merah, team merah bertugas menghabisi lawan atau memasang target berupa bom pada site tertentu saja misalkan pada side A dan side B. kemudian team merah menjaga bom tersebut agar tidak dijinakkan oleh team biru atau biasa di sebut defuse bomb. jika dalam waktu yang ditentukan team merah tidak dapat menyelesaikan tugasnya maka team birulah yang memenangkan pertandingan. room ini bersifat round bisa 3,5,7,atau 9 round.
Room yang dapat digunakan di Bom Mission :

• Death Match : room ini digunakan untuk mengadu skill per individu, setiap kill yang dilakukan pada team akan digabungkan keseluruhan untuk mencapai target kill yang di atur sebelumnya Jumlah kill ditentukan antara 60,80,100,120,140 dan 160 kill.
Room yang dapat digunakan di Death Match :

• Eliminate match : room ini hampir sama dengan room death match hanya saja musuh yang telah terbunuh tidak bisa hidup kembali. room ini bersifat round 3,5,7, atau 9 round.
Room yang dapat digunakan di Eliminate :

• Destroy match : room ini setiap team nya diharuskan menghancurkan atau menjaga target biasanya berupa tank atau helikopter. selain itu juga bisa melakukan kill pada lawan. room ini bersifat round 3,5,7, atau 9 round.
Room yang dapat digunakan di Destroy :

• Defence Match : room ini diberlakukan untuk team merah menghancurkan dua tank yang berada di posisi A dan posisi B dalam batas waktu yang di tentukan jika team merah berhasil menghancurkan kedua tank tersebut maka team merah lah yang menang, namun sebaliknya juka team merah tidak dapat menghancurkan tank dalam batas waktu yang ditentukan maka team biru lah yang menang. room ini bersifat round 3,5,7, atau 9 round.
Room yang dapat digunakan di defence :

• Ally Mission : room escape mission dengan pertempuran antara manusia dan dinosaurus.
Room yang dapat digunakan pada ally mission:

Kelebihan dari bermain pointblank yang saya dapat yaitu menambah banyak teman, grafik yang ditampilkan pada game ini bagus, menarik, dan tidak membosankan :)
Sedangkan kekurangan pada game ini, sering banyak kecurangan misalnya citer yang ingin menaikan pangkat atau exp lebih cepat dari yang bermain normal.

Jenis-jenis Game


Dalam hal paling tidak terdapat 5 klasifikasi istilah game, yaitu :

1. Board Games (Permainan Papan)
Game pada katagori ini membutuhkan suatu papan yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan. Termasuk dalam katagori ini adalah catur.Dua buah pemain akan berhadapan dan saling mengadu strategi sesuai dengan aturan untuk mencapai daerah lawan atau mempertahankan daerahnya sendiri, mengalahkan bidak musuh, mengumpulkan sesuatu. Pemain pada board games ini akan berusaha menganalisis hubungan-hubungan geometri yang ada pada papan dan bidak.


2. Card Games (Permainan Kartu)
Games ini akan memanfaatkan simbol dari 52 kartu yang terbagi dalam dua faktor : suit (4 nilai) dan rank (13 nilai). Permainan akan dilakukan sekitar bagaimana membuat kombinasi dari 52 kartu tersebut. Sejumlah ketentuan dibuat untuk mengatur bagaimana cara-cara untuk membuat kombinasi tersebut. Permainan kartu bridge/truf termasuk kelompok games ini.


3. Athletic Games (Permainan Atletik)
Permainan games jenis ini lebih cenderung pada penggunaan fisik daripada mental. Aturan game dibuat dengan keharusan pemain untuk melakukan sejumlah aksi tertentu. Hal yang terkait dengan kekuatan badan, kecepatan, ketepatan dan kerjasama menjadi bagian utama dari game atletik. Dalam hal ini harus dibedakan antara game dengan kompetisi. Kompetisi tidak mengharuskan adanya kerjasama dan pemain bekerja secara individu. Dua orang yang beradu lari bukanlah termasuk game tetapi kompetisi. Perbedaan utama antara game dan kompetisi adalah dalam hal interaksi diantara peserta. Pada kompetisi tidak terjadi interaksi diantara pemain, kompetisi yang membolehkan adanya interaksi diantara pemainnya termasuk game.


4. Children Games (Permainan Anak)
Aktifitas seperti berlari, sembunyi, melempar dan menangkap adalah menjadi ciri utama game anak-anak. Umumnya game ini menekankan pada aktifitas kelompok sebagai latihan untuk berkehidupan sosial. Walaupun dalam game ini terdapat juga upaya untuk saling mengalahkan secara mental atau fisik namun tujuan utamanya bukanlah untuk meraih kemenangan satu diatas yang lain tetapi sebagai ilustrasi kerjasama dalam kehidupan manusia. Penggunaan sejumlah alat untuk membantu ilustrasi dapat meningkatkan improvisasi game dan meningkatkan keterlibatan yang lebih baik dari pemain.


5. Computer Games (Permainan Komputer)
Game ini dimainkan lewat bantuan alat komputer.

Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.

Game Komputer adalah sebuah program software dimana satu atau lebih pemain berusaha untuk membuat keputusan lewat kontrol terhadap object dan resource guna memenuhi satu tujuan tertentu.

Menurut platform yang digunakan juga ada beberapa macam:

1. Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

2. PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

3. Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.

5. Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

Tipe-tipe game engine diantaranya;


• Roll-your-own game engine

Game engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis. selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.


• Mostly-ready game engines

Game engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine  ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.


• Point-and-click engines

Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D.


Contoh Game Engine yaitu;

1. Freeware game engine/open source game engine
Blender, Golden T Game Engine (GTGE, DXFramework, Ogre, Aleph One, Axiom Engine, Allegro Library, Box2D, Build Engine, Cube, Cube 2, DarkPlaces, jMonkeyEngine (jME), Panda3D, Sphere, Unreal Engine.

2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
Alamo, A.L.I.V.E,  BigWorld, DXStudio, DuniaEngine, Euphoria, GameStudio, Jade Engine, Jedi, Medusa, RPG Maker VX, RPG Maker XP, RPG Maker 2003, RPG Maker 95, Vision Engine.

sumber:


pengertian game


Apa yang kalian ketahui tentang game? Pengertian game, manfaat game, dampak yang terjadi pada game dan lain sebagainya. game merupakan sebuah permainan . Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). 

Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.


Menurut beberapa orang terkemuka di dunia juga memiliki pengertian yang berbeda-beda loh. Contohnya:


• JOHN C BECK & MITCHELL WADEGame adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi


• IVAN C. SIBEROGame merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.


• FAUZI AGame merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita


• SAMUEL HENRYGame merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak


• ANDIK SUSILOGame adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba


• JOHN NAISBITTGame merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film


• ALBERT EINSTEINGame adalah bentuk investigasi paling tinggi


• WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTOGame merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya


Game juga merupakan permainan yang menggunakan media elektronik. Game merupakan hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar para penikmat game bisa mendapatkan kepuasan saat bermain. 

Jadi, game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan hiburan.


sumber:

Sabtu, 12 Januari 2013

makalah animasi blender



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Animasi atau film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Animasi atau dalam bahasa inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, member jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu objek yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda menjadi hidup.
Animasi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi gambar yang bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek sehingga tampak lebih dinamis.

B.      Tujuan
1.      Mengetahui bagaimana cara menggunakan software Blender.
2.      Membuat beberapa objek animasi 3D menggunakan Blender.
3.      Menerangkan bagaimana proses pembuatan animasi pada Blender.

C.      Manfaat
Bagi penulis pembuatan animasi 3D ini dapat menambah pengetahuan dan pembelajaran lebih dalam pada animasi. Dan pembaca juga dapat mengetahui cara membuat animasi.
BAB II
PEMBAHASAN

A.      Tahap Pembuatan Objek
Pada awal pembuatan objek lakukan shift+a atau add pada menu kemudian pilih objek dasar yang nantinya akan dibentuk, terdapat berbagai macam diantaranya:
§  Plane
§  Cube
§  Circle
§  UV Sphere
§  Iso Sphere
§  Cylinder
§  Cone
§  Grid
§  Monkey
§  Empty Mesh
§  Torus

B.      Langkah Pembuatan Objek
1.      Pertama yang dibuat sebuah gedung sekolah dengan objek cube dan dibentuk sehingga membentuk gedung sekolah dengan menentukan beberapa titik. Dengan tab dan masuk ke dalam edit mode kemudian tekan ctrl+r  untuk membagi beberapa bidang.
2.      Kemudian pilih bidang dan bentuk sedemikian rupa dengan menekan s untuk memperbesar bentuk sx untuk memperbesar bentuk pada sumbu x sama dengan sy dan sz memperbesar bentuk pada sumbu y dan z.
3.      Jika ingin melakukan putaran atau rotasi bisa menekan r atau rx, ry, rz memutar benda pada sumbu tersebut.
4.      Kemudian hasilnya akan seperti pada gambar berikut
5.      Beri warna pada atap dan dinding dengan metode texturing
6.      Atur posisi pada gambar kemudian tekan tab u dan unwarp
7.      Kemudian untuk membuat sebuah tiang bendera pilih shift+a mesh dan cylinder dan bentuk dengan tehnik yang sama
8.  Kemudian pada pembuatan bendera pilih shift+a mesh lalu plane, setelah dibentuk dan ditambahkan texture pada plane tekan shift+a force field dan wind untuk efek bergeraknya bendera atur pergerakan kekuatannya sesuai yang diinginkan.
9.     Setelah itu select ujung bendera yang tersambung tiang untuk melakukan pinning agar saat di play nanti tidak semua plane yang terhempas. Tekan physics kemudian pilih cloth pada properties. Kemudian pilih pinning dan untuk membuat grup baru pilih objek data pada properties dan tambah pada vertex groups untuk membuat.
10.  Untuk mengplay tekan alt+a pada animasi yang sudah dibuat dan untuk berhenti tekan esc.
11.  Masuk ke rendering, dengan cara klik Render, Render Setting.
12.  Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI JPEG, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
13.  Lakukan render dengan mengklik lalu  Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering).
14.  Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp atau file yang sudah ditentukan sebelumnya.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari makalah yang dibuat dapat disimpulkan pada software yang digunakan yaitu blender tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek tetapi juga dapat digerakkan sesuai keinginan, kita dapat membuat animasi 3D atau game dari blender ini. Membentuk objek dengan mengatur perbesaran dengan menggunakan tombol s, memutar rotasi dengan menggunakan tombol r dan membagi beberapa bidang dengan menggunakan tombol ctrl+l. dan dengan software ini juga kita dapat merender animasi yang dibuat bahkan dapat menambahkan efek suara pada animasi yang dibuat.

B.      Saran
Software blender sangat mudah dipahami dan untuk menjadikan sebuah animasi bergerak pun terbilang mudah. Mencoba aplikasi ini untuk membuat animasi karna blender menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan objek, animasi, ataupun game. Software ini juga bersifat open source atau sumber terbuka yang dapat dimanfaatkan, digunakan oleh semua user.

DAFTAR PUSTAKA