Selasa, 08 Mei 2012

cara membuat web

pada penulisan ini saya ingin belajar untuk membuat web. web itu apa sih? dan untuk apa kita membuat web? web itu sendiri adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut mengidentifikasikan sumber seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. www atau World Wide Web sering dianggap sama dengan internet padahal dia adalah bagian dari internet saja.
 Perlu diketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, website komunitas-komunitas apa saja, dan lain sebagainya. web juga bisa digunakan ajang bisnis online misalkan jika kita ingin menjual suatu barang, kita bisa membuat website untuk berjualan jadi tidak berjualan di satu tempat saja tetapi bisa meluas karena web yang dibuat.
 untuk membuat website ada 2 hal yang harus diperhatikan dan dipahami yaitu domain dan hosting. Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain. Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting. 
pertama memilih template untuk tema web tersebut pada www.styleshout.com pilih website, templates donload template yang diinginkan kemudian edit sesuai isi yang ingin dituliskan dalam website anda nanti. misalkan dalam web tersebut terdapat home yang terdiri dari tulisan sapaan dan lainnya, kemudian profile mencantumkan biodata kita, dan artikel sebuah tulisan apa saja yang ingin kita tulis, misalkan artikel soal hoby masing masing.
kemudian daftarkan ke idhostinger melalui http://www.idhostinger.com buat akun baru kemudian isi pada form pendaftaran. setelah itu terdapat kontol panel klik dan beralih, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini: 
Sekarang akan ditampilkan Kontrol Panel domain kita. Disini kita perlu mencatat Nama Pengguna, Nama Server dan password yang telah kita masukkan sebelumnya saat membuat nama subdomain, yang akan kita masukkan pada filezilla untuk mengupload web kita. Isikan Nama Server pada kotak Host, Nama Pengguna pada Username, dan masukkan password. Setelahnya klik Connect. Jika kita telah sukses masuk kedalamnya, maka kita tinggal mengupload web kita dari explorer disebelah kiri (komputer) ke sebelah kanan (host). Caranya adalah klik kanan pada file yang ingin kita upload dan pilih Upload. Perlu diperhatikan bahwa halaman awal yang akan ditampilkan pada saat membuka link situs kita nanti adalah halaman yang kita buat dalam file "index.php", dan seluruh file maupun folder isi web kita harus diletakkan pada folder "public_html" agar web kita dapat diakses dengan benar.
setelah itu tunggu prosesnya berjalan ini web yang sudah saya buat  dietapribadi.16mb.com 

sumber: wikipedia.org
http://www.belajarmembuatwebsite.com/
http://lunaticredmoon.blogspot.com