Minggu, 23 Januari 2011

Amankan Kakimu! Anti Bau!

  1. Harus bersih: saat mandi cuci dan gosok kaki menggunakan sabun dan sikat lembut. sebaiknya rendam kaki sebentar dalam air keringkan dengan handuk lembut sampai kering bener.
  2. Beri lotion pada permukaan dan telapak kaki sehabis mandi dan sebelum tidur. agar kakimu wangi, lembab dan tidak mudah pecah-pecah.
  3. Pilihan paling tepat adalah kaos kaki berbahan katun untuk menghindari kaki terasa panas, berkeringat dan mungkin bisa semakin bau.
  4. Sebaiknya pilih sepatu yang berujung terbuka seperti sepatu sandal. tetapi jika sudah terlanjur berkeringat, lepas sepatu dan kemudian keringkan permukaan dalam dengan lap atau menggunakan tissu untuk menghilangkan bakteri yang ada didalamnya.
  5. Untuk mengurangi bakteri yang membandel, pakai sabun khusus anti bacteria, keringkan lalu semprotkan spray khusus kaki.

bisa dicoba untuk mengurangi bau kaki yang mengganggu kegiatan anda sehari-hari, dan dapat membantu. Semoga tips ini menguntungkan semua pihak ya guys…!!

5 Tips Bikin Tubuh jadi Fresh

Pengen punya tubuh yang fresh setiap hari. Tubuh yang segar yang bias buat kita semangat menjalankan aktivitas.

  1. Bangun tidur terus mandi, gosokkan badan kita dengan sabun wangi keseluruh tubuh. Dan di sela-sela tubuh yang tidak terlihat jangan lupa seperti punggung, leher, belakang kuping, sela jari kaki dan tumit juga jangan lupa digosok.
  2. Sehabis mandi berikan body lation, supaya tubuh lembab dan tambah wangi setiap saat.
  3. Jangan lupa bubuhkan tubuh kita dengan loose powder atau bedak bubuk. Khususnya punggung, ketiak (untuk ketiak bisa memakai roll on) leher, dan pangkal paha. Soalnya daerah tersebut sering berkeringat.
  4. lalu pakai body perfume. Seperti colone gel, splash colone, parfum, dan body sprey. Pilih yang wanginya fresh seperti bunga atau buah.
  5. dan bisa ditambahkan water spray, jadi kalau habis beraktifitas diluar ruangan bisa langsung semprot. Untuk fresh sepanjang hari. (guest magz) 

Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur… merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa berkisar 8 jam setiap harinya. Namun, pekerjaan yang menyita waktu, menonton televisi dan kegiatan lainnya yang membuat sedikit orang yang tidur dalam jangka waktu tersebut. Kurangnya tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, dan berkurangnya kemampuan untuk berfikir. Berikut ini mungkin bisa membantu anda untuk tidur nyenyak saat malam hari.

Jangan makan berlebihan saat malam hari
Usahakan agar makan malam anda tidak melewati pukul 19.00. perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum istirahat.

Jangan melakukan kegiatan yang menyita mental dan pikiran saat menjelang tidur
            Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dapat menyebabkan anda sulit tidur. Perdebatan yang dilakukan malam hari juga menimbulkan efek yang serupa.

Mandi dengan air panas
            Membuat tubuh lebih rileks sehingga anda bisa tidur lebih cepat.

Minum susu panas
            Ini juga dapat membantu tubuh lebih santai dan tidur anda semakin nyenyak.

Matikan lampu
            Usahakan matikan lampu dah mencoba untuk memejamkan mata.

Gunakan musik slow
            Nyalakan musik slow yang dapat membantu anda untuk lebih rileks.

Membaca buku
            Pilihlah buku-buku yang memuat hal-hal yang inspiratif.

Atur nafas
            Dengan menarik nafas dalam dan mengaturnya, anda dapat terbiasa dan sama dengan saat anda telah tidur nyenyak. (majalah kampus PKP)

Tips yang diperoleh dari sebuah majalah yang mungkin dapat bermanfaat untuk saya dan pembaca lainnya yang kesulitan dalam tidur dimalam hari. Bisa juga di gunakan untuk merilekskan tubuh anda saat kelelahan dalam beraktifitas sehari-hari.

9 Cara Memilih Makanan Sehat

Semua orang pasti mau hidup sehat jasmani dan rohani. Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Singkatnya kita bias mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tidak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut ini tips yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih terasa enak dilidah.

  1. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi.
Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bias mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya.

  1. Konsumsi padi-padian penuh, buah dan sayuran.
Survey menunjukkan kalau kebanyakan orang tak cukup mengkonsumsi jenis makanan ini. Apakah anda sudah menyantap 6-1 porsi nasi atau sereal, apakah 3 porsi dari jenis yang anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran?

  1. Atur berat badan seimbang.
Berat badan yang sesuai untuk anda tergantung pada banyak factor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat badan membuat tekanan darah andameningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tepi memiliki tubuh terlalu kurus juga bias menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan.

  1. Makan dalam ukuran yang layak.
Jika anda mempertahankan ukuran porsi anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang anda inginkan supaya anda tetap sehat. Apa anda tau rekomendasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang 2 porsi, dan 4 porsi es krim.

  1. Makan secara teratur.
Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat anda merasa lapar, itu juga berarti anda melupakan soal nutrisi dalam makanan anda. Menyantap cemilan diantara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan cemilan barlebihan.

  1. Kurangi, bukan membatasi porsi makan.
Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untukmenjadikannya layak. Periksa terlabih dahulu kandungan dalam diet makanan anda dan ubahlah jika itu perlu. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu anda menyeimbangkan pilihan makanan.

  1. Seimbangkan pilihan makanan anda setiap saat.
Tak semua makanan harus sempurna. Saat anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang baham-bahannya paling rendah. Jika anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya.

  1. Mengetahui kesulitan program diet anda.
Perbaiki kebiasaan makan anda, pertama kenali apa yang salah dengan pola makan anda. Tuliskan apapun yang anda makan dalam tiga hari, lalu periksa daftar tersebut dan cocokkan dengan tips ini. Apa anda terlalu banyak menyantap mentega, saus, krim atau salad?

  1. Buat perubahan secara bertahap.
Tak pernah ada ‘makanan super’ atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan anda dalam semalam. Mulailah melakukan perubahan setahap hingga mencapai hasil positif, dan jadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup. (primusweb/erl) www.kapanlagi.com

Selasa, 11 Januari 2011

Teh hijau

Khasiat yang ada pada teh hijau, antara lain:
1.    Khasiat teh bagi kesehatan telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dalam penelitian ilmiah, ditemukan kegunaan teh secara farmakologi bagi tubuh manusia. Disebabkan karena adanya berbagai jenis senyawa kimia seperti asam amino, alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin.
2.    Kandungan vitamin C dalam teh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada di apel, tomat dan jeruk nipis. Sedangkan B12 besarnya 10 – 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang didapat dalam sereal dan sayuran, dan komponennya tidak mudah didapat pada makanan lain.
3.    Teh mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan mineral dan berbagai vitamin. Seorang peminum teh yang secara teratur minum teh dengan dosis rasional, akan mendapatkan suplai nutrisi yang teratur bagi tubuhnya dan menyebabkan terbentuknya kekebalan alami.
4.    Dari hasil penelitian di Uni Soviet teh hijau maupun teh hitam, berfungsi sebagai salah satu unsur  yang dapat membantu agar tak mudah terserang penyakit.
5.    Pakar peneliti dari Chinnese Academy of Preventife Medicine di Cina, setelah mempelajari 17 jenis teh dapat membuktikan bahwa teh dapat memperlambat terbentuknya nitrosamin di dalam tubuh. Selain itu beberapa unsur dalam teh dapat mendeteksi perkembangan sel tumor yang terdapat pada beberapa bagian dari tubuh manusia.

Senyawa dalam teh dan fungsinya :
1. KATEKIN
·                 Menurunkan kadar kolesterol
·                 Menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah
·                 Anti kanker, factor anti mutant
·                 Membantu kerja ginjal mencegah terjadinya batu empedu
2. POLIFENOL/TANIN
·                 Memperlancar pencernaan, membunuh bakteri disentri
·                 Memiliki fungsi anti oksidan
·                 Melarutkan lemak 
3. KAFEIN (Theophyiline Theobromine)
·                 Menstimulasi pusat syaraf
·                 Memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal
·                 Meningkatkan konsentrasi 
4. MINYAK ESENSI
·                 Memperlancar pencernaan dan melarutkan lemak
·                 Sumber aroma teh
5. FLAVANOLS
·                  Menguatkan pembuluh darah, memiliki fungsi antioksidan
6. FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium)
·                 Mencegah kerusakan gigi
artikel tersebut semoga bermanfaat dan lebih jelasnya dapat di lihat pada url berikut.

keunggulan pada teh hitam

Berdasarkan proses pengolahannya, teh diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu teh hitam (fermentasi atau oksimatis, kependekan dari oksidasi ensimatis), teh Oolong, dan teh hijau. Konsekuensi logis dari perbedaan proses tersebut, menyebabkan lahirnya perbedaan produk teh baik secara fisik maupun kimia.
Secara kimia, perbedaan yang paling menonjol adalah perbedaan kandungan komposisi senyawa polyfenol. Pada proses pengolahan teh hitam, dan teh Oolong, sebagian katekin berubah menjadi theaflavin, thearubigin, dan theanaphtoquinone.
Meski tidak sepopuler nenek moyangnya (katekin), theaflavin sudah banyak dipelajari oleh sejumlah peneliti. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa theaflavin lebih potensial dari pada katekin, mengingat secara struktur theaflavin lebih potensial dari pada katekin.
Hal ini bisa dilihat dari seberapa banyak gugus hidroksi (OH) yang dimilikinya. Gugus hidroksi ini dapat berfungsi sebagai anti radikal bebas atau antioksidan. Semakin banyak gugus hidroksi suatu senyawa, maka kemampuannya sebagai senyawa antioksidan semakin baik.
Theaflavin hanya terdapat dalam teh hitam atau teh yang telah mengalami oksimatis. Theaflavin merupakan hasil oksidasi katekin akibat proses oksimatis pada pengolahan teh hitam. Kekuatan Theaflavin setara dengan Katekin bahkan beberapa publikasi terkini menyatakan bahwa theaflavin lebih potensial dari katekin.
pada saat ini sudah banyak yang mencoba dan merasakan khasiat atau keunggulan dalam teh ini membantu pula dalam kesehatan diri kita sendiri, diantaranya dapat mencegah bahkan menyembuhkan.
menjelaskan lebih detail keunggulannya.

Khasiat Teh Hitam ternyata setara dengan Teh Hijau

Banyak dipercaya teh hijau dipercaya mengurangi serangan koroner, stroke, diabetes, darah tinggi, dan kanker hati yang paling ditakuti oleh setiap orang.
dari makalah ini diberitahukan kepada Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ali Khomsan MS dan ahli kesehatan jantung Dr Mohammad Taufik Spj belum lama ini mengemukakan, teh hitam (black tea) juga berkhasiat sama seperti teh hijau karena kandungan radikal bebas yang terkandung di dalamnya. "Memang benar teh hitam mempunyai manfaat seperti menurunkan risiko kanker, mencegah jantung koroner, mencegah penuaan, dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah," kata Prof Dr Ali Khomsan. Dr H Mohammad Taufik SpJ mendukung pendapat Prof Dr Ali Khomsan yang menyebutkan teh hitam bermanfaat untuk mengurangi penyakit jantung koroner, kanker, diabetes dan stroke.
Sedangkan, menurut Taufik, manfaat yang terkandung dalam meminum teh hitam belum banyak diketahui oleh masyarakat. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi maupun publikasi dari berbagai penelitian tentang manfaat black tea bagi kesehatan.
Beberapa waktu lalu, Pusat Jantung Nasional Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta (RSJHK) juga memaparkan hasil penelitiannya dalam talkshow dengan tema "Efek Teh Hitam dalam Mencegah dan Mengatasi Risiko Penyakit Jantung Koroner" di aula RSJHK Jakarta. Menurut hasil penelitian tersebut, Katekin dalam teh hitam, senyawa yang disebut-sebut sebagai aktor yang mampu melawan penyakit degeneratif adalah senyawa Theaflavin.
Senyawa Theaflavin merupakan antioksidan, anti kanker, anti mutagenik, antidiabetes dan anti penyakit lainnya. Senyawa Theaflavin dalam Teh hitam jumlahnya cukup signifikan.
Secara sederhana, antioksidan dinyatakan sebagai senyawa yang mampu menghambat atau mencegah terjadinya oksidasi. Berdasarkan sumbernya, anti oksidan dapat dibagi menjadi antioksidan alami dan sintetis.
Theaflavin merupakan antioksidan alami yang sangat potensial. Kemampuannya sebagai penangkap radikal bebas sudah tidak dapat dipungkiri lagi kesahihannya. Kemampuan theaflavin sebagai antioksidan ternyata tidak cukup sampai di situ.
Aktivitasnya sebagai antioksidan dalam menghambat oksidasi low density lippoprotein (LDL) ternyata menunjukkan hal yang menakjubkan. Dalam seduhan teh hitam, theaflavin memberikan warna merah kekuningan.
Sementara itu thearubigin dan theanapthoquinone masing-masing memberi warna merah kecoklatan dan kuning pekat. Untuk hal rasa, bersama-sama kafein, theaflavin yang ada dalam teh hitam memberikan rasa segar
Penelitian di Belanda menyimpulkan bahwa kebiasaan minum teh hitam dapat mencegah penimbunan kolesterol pada pembuluh darah arteri, terutama pada wanita. Minum teh hitam satu sampai dua cangkir mampu menekan penimbunan kolesterol hingga 46 persen dan jika minum 4 cangkir dapat mencapai 69 persen.
Hal tersebut ditunjang oleh hasil penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan serangan jantung berkurang 40 persen pada orang-orang yang membiasakan minum teh hitam.
Teh hitam juga menunjukkan kemampuan yang meyakinkan sebagai sumber bahan pangan alami bagi para penderita diabetes, terutama dalam kapasitasnya menaikkan aktivitas insulin. 

Dan masih banyak keunggulan dan khasiat lainnya yang ada didalam teh, saya pun tertarik untuk memuat artikel ini pada blog dan mungkin bisa bermanfaat untuk si pembaca.