CyberCrime merupakan istilah yang mengacu pada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran tempat terjadinya kejahatan. termasuk ke dalam kejahatan dunia maya yaitu penipuan secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit, penipuan identitas, dan lain sebagainya.
Salah satu kasus pada perjudian online, pelaku menggunakan sarana internet untuk melakukan perjudian. seperti yang terjaid di semarang, desember 2006. para pelaku melakukan praktiknya dengan menggunakan system member yang semua anggotanya mendaftarkan ke admin situs itu, atau menghubungi HP ke 0811XXXXXX dan 024-356XXXX. mereka melakukan transaksi online lewat internet dan HP untuk mempertaruhkan pertarungan bola Liga Inggris, Liga Italia dan Liga Jerman yang ditayangkan di televisi. untuk setiap pertaruhan yang berhasil menebak skor dengan memasang uang Rp 100 ribu bisa mendapatkan uang Rp 100 ribu, atau bisa lebih. modus pada pelaku bermain judi online adalah untuk mendapatkan uang dengan cara instan. dan sanksi menjerat para pelaku yakni dikenakan pasal 303 tentang perjufian dan UU 7/1974 pasal 8 yang ancamannya lebih dari 5 tahun.
Cybercrime merupakan bentuk-bentuk kejahatan yang ditimbulkan karna pemanfaatan teknologi internet. dapat di definisikan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan internet yang berbasis pada kecanggihan teknologi komputer dan telekomunikasi.
sumber:
http://jembatanbiru.blogspot.com/2012/11/cybercrime-adalah-istilah-yang-mengacu.html
http://lizamainardianty.wordpress.com/2012/08/03/10-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah-terjadi-beserta-modus-dan-analisa-penyelesaiannya/
Selasa, 19 November 2013
Selasa, 21 Mei 2013
game
BERDASARKAN
“GENRE” PERMAINANNYA :
1. Aksi – Shooting
video
game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan,
juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak.
Termasuk didalam-nya :
a.First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty
a.First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty
b.Drive n’
shoot, menggunakan
unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan
menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll Racing, Road Rash.
c. Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942, dan gradius.
d. Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon
dan Final Fight, lalu hack and slash (tusuk tebas) seperti Shinobi dan
Legend of Kage.
e. Light gun shooting, yang menggunakan alat yang umumnya
berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis.
2. Fighting ( pertarungan )
Ada yang mengelompokan video game
fighting di bagian Aksi, namun penulis berpendapat berbeda, jenis ini memang
memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game
ini adalah penguasaan jurus (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya),
pengenalan karakter dan timing sangatlah penting, o iya, combo-pun
menjadi esensial untuk mengalahkan lawan secepat mungkin. Dan berbeda seperti
game Aksi pada umumnya yang umumnya hanya melawan Artificial Intellegence atau
istilah umumnyamelawan
komputer saja, pemain
jenis fighting game ini baru teruji kemampuan sesungguhnya
dengan melawan pemain lainnya. Seri Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul
Calibur dan King of Fighter adalah contohnya.
3. Aksi – Petualangan.
Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari
pohon satu ke pohon lain, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk
membuka pintu kuil legendaris, atau sekedar mencari telepon umum untuk
mendapatkan misi berikutnya, itulah beberapa dari banyak hal yang karakter
pemain harus lakukan dan lalui dalam video game jenis ini. Menurut penulis,
game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action
beat-em up juga, dan
sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan
sudut pandang orang ke-tiga. Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia
termasuk didalamnya.
4. Petualangan.
Bedanya
dengan jenis video game aksi-petualangan, refleks dan kelihaian pemain dalam
bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan di
sini. Video Game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan
kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan
teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter
hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk
didalamnya:
a. Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik, contoh: Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max,
a. Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik, contoh: Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max,
b.Novel atau
film interaktif, seperti
game “dating”
yang banyak beredar di jepang, Dragons Lair dan Night Trap.
5. Simulasi, Konstruksi dan manajemen.
Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin
dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari
jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan
dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan
rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir
jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat
pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan
menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.
6. Role Playing.
Video
game jenis ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan
pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah
tokoh utamanya, dimana seiring kita memainkannya, karakter tersebut dapat
berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain ( biasanya menjadi
semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh, dll) dalam berbagai parameter
yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari
status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin sakti,
ataupun jumlah teman maupun mahluk peliharaan.Secara kebudayaan, pengembang
game Jepang biasanya membuat Role Playing Game (RPG) ke arah cerita linear yang diarahkan
seolah karakter kita adalah tokoh dalam cerita itu, seperti Final Fantasy, Dragon
Quest dan Xenogears. Sedangkan pengembang game RPG Eropa, cenderung membuat karakter kita
bebas memilih jalan cerita sendiri secara non-linear, seperti Ultima, Never
Winter Nights, baldurs gate, Elder Scroll, dan Fallout.
7. Strategi.
Kebalikan dari video game jenis action
yang berjalan cepat dan perlu refleks secepat kilat, video game jenis strategi,
layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan
memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana. Video game strategi
biasanya memberikan pemain atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal
sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan
hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusal pelatihan tempur,
tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang
lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama
dan santai dibandingkan game action. Unsur-unsur permainannya biasanya berkisar
sekitar, prioritas pembangunan, peletakan pasukan, mencari dan memanfaatkan
sumberdaya (uang, besi, kayu,minyak,dll), hingga ke pembelian dan
peng-upgrade-an pasukan atau teknologi. Game jenis ini terbagi atas:
a.Real time Strategy, game berjalan dalam waktu sebenarnya dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. Contoh: Starcraft, Warcraft , dan Command and Conquer.
b.Turn based
Strategy , game yang
berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan
pasukan, saat itu pihak lawan menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur.
contoh: Front Mission, Super robot wars, Final Fantasy tactics, Heroes of might and magic, Master of Orion.
contoh: Front Mission, Super robot wars, Final Fantasy tactics, Heroes of might and magic, Master of Orion.
Sebenarnya ada yang memilah lagi menjadi jenis tactical dan
strategi, namun penulis cenderung untuk menggabungkannya karena perbedaannya
hanya ada di masalah skala dan ke-kompleks-an dalam manajemen sumber daya-nya
saja.
8. Puzzle.
Video game
jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu
menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika,
melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya,
itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga
unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Tetris,
Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.
9. Simulasi kendaraan.
Video Game jenis ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin
dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih
eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan
pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut.
10. Olahraga.
Biasanya permainannya
diusahakan serealistik mungkin walau kadang ada yang menambah unsur fiksi
seperti NBA JAM. Contohnya pun jelas, Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA,
John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll.
Perbedaan Game 2D dengan 3D
Kali ini saya akan
membahas mengenai perbedaan game 2D dan 3D. Game sekarang sudah berkembang pesat. yang tadinya
hanya berdimensi panjang x lebar (2D) dan sekarang sudah berdimensi panjang x
lebar x tinggi (3D). Nah berikut ada beberapa perbedaan pada game 2D dan game
3D. Berdasarkan jenis
tampilanya, game saat ini dapat dikatagorikan sebagai game 3D dan 2D
Secara
singkat, berikut perbedaan game dengan grafis 2D dan 3D :
2
Dimensi (2D)
Permainan
yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk permainan yang ringan dan tidak
membebani sistem. Kelemahan permainan ini adalah kualitas gambar yang kurang
enak dilihat jika dibandingkan dengan permainan 3D. Permainan daring pada
umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di mana karakter yang dimainkan
berbentuk 2D,
namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.
1.
Tampilan hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
2.
Hanya memiliki koordinat X,Y
3.
Hanya memiliki panjang dan lebar.
4.
Frame layar terbatas
5.
Tidak menggunakan efek cahaya.
6.
Pewarnaan hanya menggunakan dasar warna.
3
Dimensi (3D)
Permainan
bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam penggambaran sehingga
mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengan grafik 3D memiliki
sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan
dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi komputer yang
dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.
1.
Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah,
kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
2.
Memiliki koordinat X,Y,Z
3.
Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
4.
Frame layar lebih luas.
5.
Banyak menggunakan efek cahaya.
6.
Pewarnaan dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna
lebih rumit.
Perbedaan dari game itu sendiri merupakan:
- Grafik pada 2D hanya mempunyai dua
sisi yaitu x dan y sedangkan grafik pada 3D mempunyai tiga sisi yaitu x,
y, dan z.
- Dalam pengambilan gambar, 2D
menggunakan bitmap atau vektor sedangkan 3D menggunakan 3D modelling yang
menggambarkan tata letak.
sumber:
Game Point Blank
Penulisan ini sesuai dengan hobby yang saya minati dari
tahun 2010 sampai saat ini. Game online Point blank merupakan jenis game online
yang kurang lebih sejak tahun 2009 hadirnya game ini di Indonesia, jenis
permainan peperangan ini sering diminati anak-anak, remaja, sampai dewasa pun
menggemari game ini. Game online Point Blank ini merupakan jenis game
peperangan antara 2 tim yang berbeda antara tim merah dan tim biru. Tim biru
mengenakan pakaian polisi atau yang biasa di sebut acid pol (CT-Force)
sedangkan tim merah mengenakan pakaian menyerupai Terrorist atau yang biasa
disebut Red Bulls (Free Rebels).
Tombol-tombol yang digunakan yaitu A untuk move left, D
untuk move right , W untuk move forward, S untuk move backward, Space untuk
jump, L-Shift untuk walk, L-Ctrl untuk crouch, F untuk turn back, R untuk
reload, T untuk change weapon window, 1 untuk main weapon, 2 untuk secondary
weapon, 3 untuk melee weapon, 4 untuk explosive weapon, 5 untuk special weapon,
6 untuk mision item, Q untuk quick weapon change, G untuk drop weapon, Tab
untuk show score, M untuk view map, = untuk zoom in mini map, - untuk zoom out
mini map, enter untuk chat, F2 untuk all chat, F3 untuk team chat, L untuk chat
history, V untuk voice chat, Z untuk team, X untuk request, C untuk report, E
untuk defuse bomb, F8 untuk screenshot, F4 untuk clan chat dan masih banyak
lagi setkey yang digunakan dalam permainan pointblank ini.
untuk masuk atau login kedalam pointblank pertama kita
memasukan id dan password pada gambar dibawah ini:
berikut ini contoh id character milik saya pribadi yang
mungkin kebanyakan pemain mempunyai id character yang berbeda-beda pangkat dan
lain sebainya.
berikut ini merupakan gambaran title yang harus diambil dan
digunakan agar mempermudah pergerakan ataupun pergantian senjata, berikut
contoh gambarnya:
Room/Server pertandingan dari Point
Blank yaitu :
• Newbie Server : Server ini hanya
dapat digunakan bagi para pemula, misalkan pangkat trainee, senior trainee,
private, corporal.
• Public server : Server yang paling
banyak digunakan oleh para Troppers (sebutan orang yang bermain PB) karena
semua pangkat dari trainee sampai commander dapat menggunakan server ini.
• Expert server : Hanya Troppers
dengan pangkat Mayor grade 1 sampai commander saja yang dapat menggunakan
server ini untuk bermain.
• Clan Server : Hanya Troppers yang
sudah memiliki Clan saja Yang bisa masuk ke server ini. Server ini digunakan
untuk war antara clan yang berbeda (atau biasa disebut war clan).
• Competition Server : Server ini
hanya diperuntukan apabila ada suatu event/competition saja.
Tipe room atau ruangan buat
melakukan perperangan dari Point Blank yaitu :
• Bom Mission : room ini terdapat
dua team yaitu biru dan merah, team merah bertugas menghabisi lawan atau
memasang target berupa bom pada site tertentu saja misalkan pada side A dan
side B. kemudian team merah menjaga bom tersebut agar tidak dijinakkan oleh
team biru atau biasa di sebut defuse bomb. jika dalam waktu yang ditentukan
team merah tidak dapat menyelesaikan tugasnya maka team birulah yang
memenangkan pertandingan. room ini bersifat round bisa 3,5,7,atau 9 round.
Room yang dapat digunakan di Bom
Mission :
•
Death Match : room ini digunakan untuk mengadu skill per individu, setiap kill
yang dilakukan pada team akan digabungkan keseluruhan untuk mencapai target
kill yang di atur sebelumnya Jumlah kill ditentukan antara 60,80,100,120,140
dan 160 kill.
Room
yang dapat digunakan di Death Match :
•
Eliminate match : room ini hampir sama dengan room death match hanya saja musuh
yang telah terbunuh tidak bisa hidup kembali. room ini bersifat round 3,5,7,
atau 9 round.
Room
yang dapat digunakan di Eliminate :
•
Destroy match : room ini setiap team nya diharuskan menghancurkan atau menjaga
target biasanya berupa tank atau helikopter. selain itu juga bisa melakukan
kill pada lawan. room ini bersifat round 3,5,7, atau 9 round.
Room
yang dapat digunakan di Destroy :
•
Defence Match : room ini diberlakukan untuk team merah menghancurkan dua tank
yang berada di posisi A dan posisi B dalam batas waktu yang di tentukan jika
team merah berhasil menghancurkan kedua tank tersebut maka team merah lah yang
menang, namun sebaliknya juka team merah tidak dapat menghancurkan tank dalam
batas waktu yang ditentukan maka team biru lah yang menang. room ini bersifat
round 3,5,7, atau 9 round.
Room
yang dapat digunakan di defence :
•
Ally Mission : room escape mission dengan pertempuran antara manusia dan
dinosaurus.
Room
yang dapat digunakan pada ally mission:
Kelebihan
dari bermain pointblank yang saya dapat yaitu menambah banyak teman, grafik
yang ditampilkan pada game ini bagus, menarik, dan tidak membosankan :)
Sedangkan
kekurangan pada game ini, sering banyak kecurangan misalnya citer yang ingin
menaikan pangkat atau exp lebih cepat dari yang bermain normal.
Jenis-jenis Game
Dalam hal paling tidak terdapat 5 klasifikasi
istilah game, yaitu :
1. Board Games (Permainan Papan)
Game pada katagori ini membutuhkan suatu
papan yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan
didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan. Termasuk dalam
katagori ini adalah catur.Dua buah pemain akan berhadapan dan saling mengadu
strategi sesuai dengan aturan untuk mencapai daerah lawan atau mempertahankan
daerahnya sendiri, mengalahkan bidak musuh, mengumpulkan sesuatu. Pemain pada
board games ini akan berusaha menganalisis hubungan-hubungan geometri yang ada
pada papan dan bidak.
2. Card Games (Permainan Kartu)
Games ini akan memanfaatkan simbol dari 52
kartu yang terbagi dalam dua faktor : suit (4 nilai) dan rank (13 nilai).
Permainan akan dilakukan sekitar bagaimana membuat kombinasi dari 52 kartu
tersebut. Sejumlah ketentuan dibuat untuk mengatur bagaimana cara-cara untuk
membuat kombinasi tersebut. Permainan kartu bridge/truf termasuk kelompok games
ini.
3. Athletic Games (Permainan Atletik)
Permainan games jenis ini lebih cenderung
pada penggunaan fisik daripada mental. Aturan game dibuat dengan keharusan
pemain untuk melakukan sejumlah aksi tertentu. Hal yang terkait dengan kekuatan
badan, kecepatan, ketepatan dan kerjasama menjadi bagian utama dari game
atletik. Dalam hal ini harus dibedakan antara game dengan kompetisi. Kompetisi
tidak mengharuskan adanya kerjasama dan pemain bekerja secara individu. Dua
orang yang beradu lari bukanlah termasuk game tetapi kompetisi. Perbedaan utama
antara game dan kompetisi adalah dalam hal interaksi diantara peserta. Pada
kompetisi tidak terjadi interaksi diantara pemain, kompetisi yang membolehkan
adanya interaksi diantara pemainnya termasuk game.
4. Children Games (Permainan Anak)
Aktifitas seperti berlari, sembunyi, melempar
dan menangkap adalah menjadi ciri utama game anak-anak. Umumnya game ini
menekankan pada aktifitas kelompok sebagai latihan untuk berkehidupan sosial.
Walaupun dalam game ini terdapat juga upaya untuk saling mengalahkan secara
mental atau fisik namun tujuan utamanya bukanlah untuk meraih kemenangan satu
diatas yang lain tetapi sebagai ilustrasi kerjasama dalam kehidupan manusia.
Penggunaan sejumlah alat untuk membantu ilustrasi dapat meningkatkan
improvisasi game dan meningkatkan keterlibatan yang lebih baik dari pemain.
5. Computer Games (Permainan Komputer)
Game ini dimainkan lewat bantuan alat
komputer.
Computer game berbeda dengan jenis game yang
lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan
object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat
menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain.
Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas
game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan
game dalam program yang dibuat.
Game Komputer adalah sebuah program software dimana satu atau lebih pemain berusaha untuk membuat keputusan lewat kontrol terhadap object dan resource guna memenuhi satu tujuan tertentu.
Menurut platform yang digunakan juga ada beberapa macam:
1. Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2. PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
3. Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5. Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
Tipe-tipe
game engine diantaranya;
• Roll-your-own
game engine
Game
engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis.
selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel
dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game
engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang
dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.
• Mostly-ready
game engines
Game
engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI,
physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine ini memiliki
beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang
benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error
yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis
dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja
game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source
Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan
jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu
dan biaya dari para developer game.
• Point-and-click
engines
Engine
ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user
friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan
engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D.
Contoh
Game Engine yaitu;
1.
Freeware game engine/open source game engine
Blender, Golden
T Game Engine (GTGE, DXFramework, Ogre, Aleph One, Axiom
Engine, Allegro Library, Box2D, Build
Engine, Cube, Cube 2, DarkPlaces, jMonkeyEngine
(jME), Panda3D, Sphere, Unreal Engine.
2. Commercial
engines/game engine berbayar (komersial)
Alamo, A.L.I.V.E, BigWorld, DXStudio, DuniaEngine, Euphoria, GameStudio, Jade
Engine, Jedi, Medusa, RPG Maker VX, RPG Maker XP, RPG
Maker 2003, RPG Maker 95, Vision Engine.
sumber:
pengertian game
Apa yang kalian ketahui tentang game? Pengertian game, manfaat game, dampak yang terjadi pada game dan lain sebagainya. game merupakan sebuah permainan . Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability).
Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Menurut beberapa orang terkemuka di dunia juga memiliki
pengertian yang berbeda-beda loh. Contohnya:
• JOHN C BECK & MITCHELL WADEGame adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game
adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang
menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
• IVAN C. SIBEROGame merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati
para pengguna media elektronik saat ini.
• FAUZI AGame merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan
sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan
rutinitas kita
• SAMUEL HENRYGame merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak,
sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun,
anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak
• ANDIK SUSILOGame adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan
ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba
• JOHN NAISBITTGame merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game
memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film
• ALBERT EINSTEINGame adalah bentuk investigasi paling tinggi
• WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTOGame merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah
besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman,
semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA
card-nya
Game juga merupakan permainan yang menggunakan media
elektronik. Game merupakan hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik
mungkin agar para penikmat game bisa mendapatkan kepuasan saat
bermain.
Jadi, game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan hiburan.
sumber:
Sabtu, 12 Januari 2013
makalah animasi blender
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Animasi
atau film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Animasi atau dalam bahasa
inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, member jiwa dan
menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu objek
yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan disusun dalam
posisi yang berbeda menjadi hidup.
Animasi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sequence
gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi
gambar yang bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan
objek sehingga tampak lebih dinamis.
B. Tujuan
1.
Mengetahui bagaimana cara
menggunakan software Blender.
2.
Membuat beberapa objek animasi 3D menggunakan Blender.
3.
Menerangkan bagaimana proses pembuatan animasi pada
Blender.
C. Manfaat
Bagi penulis pembuatan animasi 3D ini
dapat menambah pengetahuan dan pembelajaran lebih dalam pada animasi. Dan pembaca
juga dapat mengetahui cara membuat animasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Tahap Pembuatan Objek
Pada awal pembuatan objek
lakukan shift+a atau add pada menu kemudian pilih objek dasar yang nantinya
akan dibentuk, terdapat berbagai macam diantaranya:
§ Plane
§ Cube
§ Circle
§ UV Sphere
§ Iso Sphere
§ Cylinder
§ Cone
§ Grid
§ Monkey
§ Empty Mesh
§ Torus
B. Langkah Pembuatan Objek
1. Pertama yang dibuat sebuah gedung sekolah dengan objek cube
dan dibentuk sehingga membentuk gedung sekolah dengan menentukan beberapa
titik. Dengan tab dan masuk ke dalam edit mode kemudian tekan ctrl+r untuk membagi beberapa bidang.
2. Kemudian pilih bidang dan bentuk sedemikian rupa dengan
menekan s untuk memperbesar bentuk sx untuk memperbesar bentuk pada sumbu x
sama dengan sy dan sz memperbesar bentuk pada sumbu y dan z.
3. Jika ingin melakukan putaran atau rotasi bisa menekan r atau
rx, ry, rz memutar benda pada sumbu tersebut.
4. Kemudian hasilnya akan seperti pada gambar berikut
5. Beri warna pada atap dan dinding dengan metode texturing
6. Atur posisi pada gambar kemudian tekan tab u dan unwarp
7. Kemudian untuk membuat sebuah tiang bendera pilih shift+a
mesh dan cylinder dan bentuk dengan tehnik yang sama
8. Kemudian pada pembuatan bendera pilih shift+a mesh lalu
plane, setelah dibentuk dan ditambahkan texture pada plane tekan shift+a force
field dan wind untuk efek bergeraknya bendera atur pergerakan kekuatannya
sesuai yang diinginkan.
9. Setelah itu select ujung bendera yang tersambung tiang untuk
melakukan pinning agar saat di play nanti tidak semua plane yang terhempas.
Tekan physics kemudian pilih cloth pada properties. Kemudian pilih pinning dan untuk
membuat grup baru pilih objek data pada properties dan tambah pada vertex
groups untuk membuat.
10. Untuk mengplay tekan alt+a pada animasi yang sudah dibuat
dan untuk berhenti tekan esc.
11. Masuk
ke rendering, dengan cara klik Render, Render Setting.
12. Ganti
format Output yang default JPEG menjadi AVI JPEG, apabila ingin melakukan
perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi
sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
13. Lakukan
render dengan mengklik lalu Render Animation
(Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama
rendering).
14. Setelah
selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di
tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp atau file
yang sudah ditentukan sebelumnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
makalah yang dibuat dapat disimpulkan pada software yang digunakan yaitu
blender tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek tetapi juga dapat
digerakkan sesuai keinginan, kita dapat membuat animasi 3D atau game dari
blender ini. Membentuk objek dengan mengatur perbesaran dengan menggunakan
tombol s, memutar rotasi dengan menggunakan tombol r dan membagi beberapa
bidang dengan menggunakan tombol ctrl+l. dan dengan software ini juga kita
dapat merender animasi yang dibuat bahkan dapat menambahkan efek suara pada
animasi yang dibuat.
B. Saran
Software
blender sangat mudah dipahami dan untuk menjadikan sebuah animasi bergerak pun
terbilang mudah. Mencoba aplikasi ini untuk membuat animasi karna blender
menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan objek, animasi, ataupun
game. Software ini juga bersifat open source atau sumber terbuka yang dapat
dimanfaatkan, digunakan oleh semua user.
DAFTAR PUSTAKA
Langganan:
Postingan (Atom)