Senin, 31 Desember 2012

BLENDER


Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan tools pada blender:


1. Translate manipulator Mode : berfungsi untuk mengambil objek
2. Rotate manipulator mode : berfungsi untuk memutar objek.
3. Scale manipulator mode : berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil objek.
4. Transform Orientation : berfungsi untuk mengabungkan beberapa objek.
5. Rotating/ Scaling pivot : berfungsi memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan  titik pusat suatu objek.
6. Modeling : berfungsi untuk membuat model 3D awal.
7. UV Maping : berfungsi untuk  memindahkan objek berdasarkan vertex.
8. Terxturing: pembuatan texture pada objek.
9. Rigging : pembuatan tulang atau bones pada objek.
10. Skinning : pembuatan kulit pada objek.
11. Animasi : pembuatan animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.

kemudian saya ingin mencoba membuat sebuah objek menggunakan aplikasi blender. objek yang ingin saya buat dan mengembangkannya pada pergerakan 3D animasi yaitu bendera indonesi yang berkibar di langit biru.

sumber:

https://.google.com
id.wikipedia.org
http://motionstudio.wordpress.com/blender/
http://dunovteck.wordpress.com/2010/05/27/blender/
http://ajigudboy.wordpress.com/2010/12/22/mengenai-tools-pada-blender/

Minggu, 07 Oktober 2012

Desain Pemodelan Grafik


Apa sih yang anda ketahui tentang desain pemodelan grafik? Lalu apa saja yang berpengaruh pada desain pemodelan grafik tersebut? Desain pada umumnya merupakan seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatifitas lainnya. Dan desain untuk benda merupakan hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Pemodelan merupakan pembuatan dengan menggunakan model sebagai bahan dari obyek yang nantinya akan kita garap, sehingga pemodelan dengan kata lain membuat sesuatu dengan membandingkan model yang akan di buat bisa dibilang seperti replika semacamnya begitulah. Sedangkan grafik merupakan cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Jadi desain pemodelan grafik tersebut merupakan salah satu bentuk komunikasi visual, berupa pemilihan, kreasi, dan penyusunan "sesuatu" pada suatu permukaan untuk mengkomunikasikan suatu pesan. "sesuatu" tersebut dapat berupa bentuk huruf (tipograf), ilustrasi atau fotograf. Ada juga yang menyebutkan Desain Grafis merupakan karya kreatif dalam banyak media, seperti media cetak, media digital, film, animasi, desain produk, pengepakan, dan tanda-tanda informasi.


Biasanya istilah komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal:

  • Representasi dan manipulasi data citra oleh komputer
  • berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar
  • pada gambar yang dihasilkan
  • sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:  

1. Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D 
2.  Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.  Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
4.  Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
5.  Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
6.  Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
7.  Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser

Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.

Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.

Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.

Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Sifat-sifat Refleksi :
a.      Dua refleksi berturut-turut terhadap sebuah garis merupakan suatu identitas, artinya yang direfleksikan tidak berpindah.
b.      Pengerjaan dua refleksi terhadap dua sumbu yang sejajar, menghasilkan translasi (pergeseran) dengan sifat:
·         Jarak bangun asli dengan bangun hasil sama dengan dua kali jarak kedua sumbu pencerminan.
·         Arah translasi tegak lurus pada kedua sumbu sejajar, dari sumbu pertama ke sumbu kedua. Refleksi terhadap dua sumbu sejajar bersifat tidak komutatip.
·         Pengerjaaan dua refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lurus, menghasilkaan rotasi (pemutaran) setengah lingkaran terhadap titik potong dari kedua sumbu pencerminan. Refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lures bersifat komutatif.
·         Pengerjaan dua refleksi berurutan terhadap dua sumbu yang berpotongan akan menghasilkan rotasi (perputaran) yang bersifat:
·         Titik potong kedua sumbu pencerminan merupakan pusat perputaran.
·         Besar sudut perputaran sama dengan dua kali sudut antara kedua sumbu pencerminan.
·         Arah perputaran sama dengan arah dari sumbu pertama ke sumbu kedua.



 referensi:

https://www.google.co.id

Selasa, 08 Mei 2012

cara membuat web

pada penulisan ini saya ingin belajar untuk membuat web. web itu apa sih? dan untuk apa kita membuat web? web itu sendiri adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut mengidentifikasikan sumber seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. www atau World Wide Web sering dianggap sama dengan internet padahal dia adalah bagian dari internet saja.
 Perlu diketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, website komunitas-komunitas apa saja, dan lain sebagainya. web juga bisa digunakan ajang bisnis online misalkan jika kita ingin menjual suatu barang, kita bisa membuat website untuk berjualan jadi tidak berjualan di satu tempat saja tetapi bisa meluas karena web yang dibuat.
 untuk membuat website ada 2 hal yang harus diperhatikan dan dipahami yaitu domain dan hosting. Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain. Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting. 
pertama memilih template untuk tema web tersebut pada www.styleshout.com pilih website, templates donload template yang diinginkan kemudian edit sesuai isi yang ingin dituliskan dalam website anda nanti. misalkan dalam web tersebut terdapat home yang terdiri dari tulisan sapaan dan lainnya, kemudian profile mencantumkan biodata kita, dan artikel sebuah tulisan apa saja yang ingin kita tulis, misalkan artikel soal hoby masing masing.
kemudian daftarkan ke idhostinger melalui http://www.idhostinger.com buat akun baru kemudian isi pada form pendaftaran. setelah itu terdapat kontol panel klik dan beralih, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini: 
Sekarang akan ditampilkan Kontrol Panel domain kita. Disini kita perlu mencatat Nama Pengguna, Nama Server dan password yang telah kita masukkan sebelumnya saat membuat nama subdomain, yang akan kita masukkan pada filezilla untuk mengupload web kita. Isikan Nama Server pada kotak Host, Nama Pengguna pada Username, dan masukkan password. Setelahnya klik Connect. Jika kita telah sukses masuk kedalamnya, maka kita tinggal mengupload web kita dari explorer disebelah kiri (komputer) ke sebelah kanan (host). Caranya adalah klik kanan pada file yang ingin kita upload dan pilih Upload. Perlu diperhatikan bahwa halaman awal yang akan ditampilkan pada saat membuka link situs kita nanti adalah halaman yang kita buat dalam file "index.php", dan seluruh file maupun folder isi web kita harus diletakkan pada folder "public_html" agar web kita dapat diakses dengan benar.
setelah itu tunggu prosesnya berjalan ini web yang sudah saya buat  dietapribadi.16mb.com 

sumber: wikipedia.org
http://www.belajarmembuatwebsite.com/
http://lunaticredmoon.blogspot.com