Selasa, 21 Mei 2013

Perbedaan Game 2D dengan 3D


Kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan game 2D dan 3D. Game sekarang sudah berkembang pesat. yang tadinya hanya berdimensi panjang x lebar (2D) dan sekarang sudah berdimensi panjang x lebar x tinggi (3D). Nah berikut ada beberapa perbedaan pada game 2D dan game 3D. Berdasarkan jenis tampilanya, game saat ini dapat dikatagorikan sebagai game 3D dan 2D
Secara singkat, berikut perbedaan game dengan grafis 2D dan 3D :

2 Dimensi (2D)
Permainan yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk permainan yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan permainan ini adalah kualitas gambar yang kurang enak dilihat jika dibandingkan dengan permainan 3D. Permainan daring pada umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di mana karakter yang dimainkan berbentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.

1. Tampilan hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
2. Hanya memiliki koordinat X,Y
3. Hanya memiliki panjang dan lebar.
4. Frame layar terbatas
5. Tidak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan hanya menggunakan dasar warna.

3 Dimensi (3D)
Permainan bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengan grafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.

1. Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
2. Memiliki koordinat X,Y,Z
3. Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
4. Frame layar lebih luas.
5. Banyak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.

Perbedaan dari game itu sendiri merupakan:
  1. Grafik pada 2D hanya mempunyai dua sisi yaitu x dan y sedangkan grafik pada 3D mempunyai tiga sisi yaitu x, y, dan z.
  2. Dalam pengambilan gambar, 2D menggunakan bitmap atau vektor sedangkan 3D menggunakan 3D modelling yang menggambarkan tata letak.
sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar