Sabtu, 12 Januari 2013

makalah animasi blender



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Animasi atau film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Animasi atau dalam bahasa inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, member jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu objek yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda menjadi hidup.
Animasi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi gambar yang bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek sehingga tampak lebih dinamis.

B.      Tujuan
1.      Mengetahui bagaimana cara menggunakan software Blender.
2.      Membuat beberapa objek animasi 3D menggunakan Blender.
3.      Menerangkan bagaimana proses pembuatan animasi pada Blender.

C.      Manfaat
Bagi penulis pembuatan animasi 3D ini dapat menambah pengetahuan dan pembelajaran lebih dalam pada animasi. Dan pembaca juga dapat mengetahui cara membuat animasi.
BAB II
PEMBAHASAN

A.      Tahap Pembuatan Objek
Pada awal pembuatan objek lakukan shift+a atau add pada menu kemudian pilih objek dasar yang nantinya akan dibentuk, terdapat berbagai macam diantaranya:
§  Plane
§  Cube
§  Circle
§  UV Sphere
§  Iso Sphere
§  Cylinder
§  Cone
§  Grid
§  Monkey
§  Empty Mesh
§  Torus

B.      Langkah Pembuatan Objek
1.      Pertama yang dibuat sebuah gedung sekolah dengan objek cube dan dibentuk sehingga membentuk gedung sekolah dengan menentukan beberapa titik. Dengan tab dan masuk ke dalam edit mode kemudian tekan ctrl+r  untuk membagi beberapa bidang.
2.      Kemudian pilih bidang dan bentuk sedemikian rupa dengan menekan s untuk memperbesar bentuk sx untuk memperbesar bentuk pada sumbu x sama dengan sy dan sz memperbesar bentuk pada sumbu y dan z.
3.      Jika ingin melakukan putaran atau rotasi bisa menekan r atau rx, ry, rz memutar benda pada sumbu tersebut.
4.      Kemudian hasilnya akan seperti pada gambar berikut
5.      Beri warna pada atap dan dinding dengan metode texturing
6.      Atur posisi pada gambar kemudian tekan tab u dan unwarp
7.      Kemudian untuk membuat sebuah tiang bendera pilih shift+a mesh dan cylinder dan bentuk dengan tehnik yang sama
8.  Kemudian pada pembuatan bendera pilih shift+a mesh lalu plane, setelah dibentuk dan ditambahkan texture pada plane tekan shift+a force field dan wind untuk efek bergeraknya bendera atur pergerakan kekuatannya sesuai yang diinginkan.
9.     Setelah itu select ujung bendera yang tersambung tiang untuk melakukan pinning agar saat di play nanti tidak semua plane yang terhempas. Tekan physics kemudian pilih cloth pada properties. Kemudian pilih pinning dan untuk membuat grup baru pilih objek data pada properties dan tambah pada vertex groups untuk membuat.
10.  Untuk mengplay tekan alt+a pada animasi yang sudah dibuat dan untuk berhenti tekan esc.
11.  Masuk ke rendering, dengan cara klik Render, Render Setting.
12.  Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI JPEG, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
13.  Lakukan render dengan mengklik lalu  Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering).
14.  Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp atau file yang sudah ditentukan sebelumnya.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari makalah yang dibuat dapat disimpulkan pada software yang digunakan yaitu blender tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek tetapi juga dapat digerakkan sesuai keinginan, kita dapat membuat animasi 3D atau game dari blender ini. Membentuk objek dengan mengatur perbesaran dengan menggunakan tombol s, memutar rotasi dengan menggunakan tombol r dan membagi beberapa bidang dengan menggunakan tombol ctrl+l. dan dengan software ini juga kita dapat merender animasi yang dibuat bahkan dapat menambahkan efek suara pada animasi yang dibuat.

B.      Saran
Software blender sangat mudah dipahami dan untuk menjadikan sebuah animasi bergerak pun terbilang mudah. Mencoba aplikasi ini untuk membuat animasi karna blender menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan objek, animasi, ataupun game. Software ini juga bersifat open source atau sumber terbuka yang dapat dimanfaatkan, digunakan oleh semua user.

DAFTAR PUSTAKA


3 komentar: