BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Animasi
atau film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Animasi atau dalam bahasa
inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, member jiwa dan
menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu objek
yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan disusun dalam
posisi yang berbeda menjadi hidup.
Animasi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sequence
gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi
gambar yang bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan
objek sehingga tampak lebih dinamis.
B. Tujuan
1.
Mengetahui bagaimana cara
menggunakan software Blender.
2.
Membuat beberapa objek animasi 3D menggunakan Blender.
3.
Menerangkan bagaimana proses pembuatan animasi pada
Blender.
C. Manfaat
Bagi penulis pembuatan animasi 3D ini
dapat menambah pengetahuan dan pembelajaran lebih dalam pada animasi. Dan pembaca
juga dapat mengetahui cara membuat animasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Tahap Pembuatan Objek
Pada awal pembuatan objek
lakukan shift+a atau add pada menu kemudian pilih objek dasar yang nantinya
akan dibentuk, terdapat berbagai macam diantaranya:
§ Plane
§ Cube
§ Circle
§ UV Sphere
§ Iso Sphere
§ Cylinder
§ Cone
§ Grid
§ Monkey
§ Empty Mesh
§ Torus
B. Langkah Pembuatan Objek
1. Pertama yang dibuat sebuah gedung sekolah dengan objek cube
dan dibentuk sehingga membentuk gedung sekolah dengan menentukan beberapa
titik. Dengan tab dan masuk ke dalam edit mode kemudian tekan ctrl+r untuk membagi beberapa bidang.
2. Kemudian pilih bidang dan bentuk sedemikian rupa dengan
menekan s untuk memperbesar bentuk sx untuk memperbesar bentuk pada sumbu x
sama dengan sy dan sz memperbesar bentuk pada sumbu y dan z.
3. Jika ingin melakukan putaran atau rotasi bisa menekan r atau
rx, ry, rz memutar benda pada sumbu tersebut.
4. Kemudian hasilnya akan seperti pada gambar berikut
5. Beri warna pada atap dan dinding dengan metode texturing
6. Atur posisi pada gambar kemudian tekan tab u dan unwarp
7. Kemudian untuk membuat sebuah tiang bendera pilih shift+a
mesh dan cylinder dan bentuk dengan tehnik yang sama
8. Kemudian pada pembuatan bendera pilih shift+a mesh lalu
plane, setelah dibentuk dan ditambahkan texture pada plane tekan shift+a force
field dan wind untuk efek bergeraknya bendera atur pergerakan kekuatannya
sesuai yang diinginkan.
9. Setelah itu select ujung bendera yang tersambung tiang untuk
melakukan pinning agar saat di play nanti tidak semua plane yang terhempas.
Tekan physics kemudian pilih cloth pada properties. Kemudian pilih pinning dan untuk
membuat grup baru pilih objek data pada properties dan tambah pada vertex
groups untuk membuat.
10. Untuk mengplay tekan alt+a pada animasi yang sudah dibuat
dan untuk berhenti tekan esc.
11. Masuk
ke rendering, dengan cara klik Render, Render Setting.
12. Ganti
format Output yang default JPEG menjadi AVI JPEG, apabila ingin melakukan
perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi
sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
13. Lakukan
render dengan mengklik lalu Render Animation
(Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama
rendering).
14. Setelah
selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di
tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp atau file
yang sudah ditentukan sebelumnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
makalah yang dibuat dapat disimpulkan pada software yang digunakan yaitu
blender tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek tetapi juga dapat
digerakkan sesuai keinginan, kita dapat membuat animasi 3D atau game dari
blender ini. Membentuk objek dengan mengatur perbesaran dengan menggunakan
tombol s, memutar rotasi dengan menggunakan tombol r dan membagi beberapa
bidang dengan menggunakan tombol ctrl+l. dan dengan software ini juga kita
dapat merender animasi yang dibuat bahkan dapat menambahkan efek suara pada
animasi yang dibuat.
B. Saran
Software
blender sangat mudah dipahami dan untuk menjadikan sebuah animasi bergerak pun
terbilang mudah. Mencoba aplikasi ini untuk membuat animasi karna blender
menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan objek, animasi, ataupun
game. Software ini juga bersifat open source atau sumber terbuka yang dapat
dimanfaatkan, digunakan oleh semua user.
DAFTAR PUSTAKA
kita juga punya nih artikel mengenai 'Animasi 3D', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1153/1/50407275.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat
ty ya hehe
BalasHapusterima kasih saya jadi bisa mengerjakan pr saya :)
BalasHapus